Pengertian Matematika Menurut
Pendapat Ahli dan Kurikulum
Kurikulum 2004:“Matematika merupakan suatu
bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran
deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam
matematika bersifat sangat kuat dan jelas.”
Kurikulum 2006:“Matematika merupakan ilmu
universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting
dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di
bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh
perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori
peluang, dan diskrit. Untuk mengusai dan menciptakan teknologi di masa depan
diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.”
Johnson dan Rising (1972):“Matematika adalah pola
berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah
bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan
akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai
ide daripada mengenai bunyi.”
Yansen Marpaung:
“Matematika adalah ilmu yang
dalam perkembangannya penggunaanya menganut metode deduksi.”
Kline (1973) :“Matematika itu bukanlah
pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi
adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan
mengatasi permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan
berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk
terbentuknya matematika.”
Suwarsono:
“Matematika adalah ilmu yang
memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang
yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir
yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.”
James dan james (1976) :
“Matematika adalah ilmu tentang
logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan
satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga
bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.”
Susilo:
“Matematika bukanlah bukanlah
sekedar kumpulan angka, simbol, dan rumus yang tidak ada kaitannya dengan dunia
nyata. Justru sebaliknya, matematika tumbuh dan berakar dari dunia nyata.”
Suherman (2003):“Matematika adalah disiplin ilmu
tentang tata cara berfikir dan mengolah logika, baik secara kuantitatif maupun
secara kualitatif.”
Abdurrahman (2002) :“Matematika adalah bahasa
simbiolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan
kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan
berfikir.”
Andi Hakim Nasution:
“Matematika adalah ilmu
struktur, urutan (order), dan hubungan yang meliputi dasar-dasar perhitungan,
pengukuran, dan penggambaran bentuk objek.”
Bagus, lbh baik nya alamat di mn ngambil materi nya jg dicantum kn :D
BalasHapusKunjungi metaselviadefi.blogspot.com
BalasHapusTerimakasih dah menambahkan pengetahuan tentang matematika.... semoga bisa lebih mencintai matematika...
BalasHapusmatematika benar-benar tumbuh dan berakar dari dunia nyata :)
ditunggu postingan selanjutnya..
dan.... kunjungi blog ku: adhara23-mardes-nurhayati.blogspot.com
baguslah materinya membantu pengetahuan akan matematika
BalasHapusmaterinya bagus, namaku kenapa gk di msukkan juga, hehehee, tq. kunjungi blog q ya, masrenanm1.blogspot.com
BalasHapusMateri nya sangat bagus dan membantu kita untuk lebih mengetahui apa itu matematika...
BalasHapusmbk kalau bsa ditambah ftonya biar kita lebh tw sepert apa ahli2 yang ikt andil dalam berkembanhnya MTK,,,
Hapusya aku setuju sama mbak eka,, lebih baik ada ftonyaa, biar lebih menarik lg dlam mmbaca materinya..
BalasHapus